Ikuti Social Media Inabuyer

News
Hari Sepeda Motor Listrik Nasional Resmi Diperingati Setiap Tanggal 29 November

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-
Hari Sepeda Motor Listrik Nasional yang diperingati setiap tanggal 29 November merupakan tonggak sejarah untuk mewujudkan transisi ke kendaraan motor listrik yang ramah lingkungan

Hari Sepeda Motor Listrik Nasional, yang dicanangkan oleh Budi Setiyadi, Ketua Umum Asosiasi Motor Listrik Indonesia (AISMOLI), didampingi oleh Budihardjo Iduansjah, Chairman of ASIAN Trade, Tourism, and Economic Council (ATEC), sekaligus Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO); 

Inabuyer EV EXPO 2023 yang berlangsung pada tanggal 28-29-30 November 2023 Pkl. 10.00 – 21.00 WIB di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta diselenggarakan oleh AISMOLI, SMESCO dan Spectindo Event Organizer serta didukung diantaranya Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Perindustrian, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perhubungan, Kementerian Koperasi & UKM serta Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO).

Pameran ini terbuka untuk umum dan 100% GRATIS karena tujuan utama pameran ini adalah mempercepat target pengurangan subsidi bahan bakar, berkontribusi dalam upaya nyata mengurangi polusi udara, serta memfasilitasi pembelian kendaraan listrik oleh pemerintah pusat dan daerah sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 7 tahun 2022.

Inabuyer EV EXPO 2023 juga bertujuan membangun peluang bisnis kendaraan listrik melalui kemitraan dan kerjasama, meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), serta mendukung gerakan “Bangga Buatan Indonesia.”

Budihardjo Iduansjah, Chairman ATEC dan Ketua Umum HIPPINDO menyampaikan bahwa, “Sesuai dengan arahan Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM dimana kami diminta untuk menjadikan SMESCO menjadi pusat pameran UKM di Indonesia, pameran B2B, B2G, dan B2C untuk itu kami senantiasa berkolaborasi dengan berbagai pihak mulai dari kementerian, lembaga, asosiasi dan komunitas guna menyelenggarakan Expo untuk mendukung program-program pemerintah.”

Menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Umum dan program HIPPINDO 1 (satu) juta kendaraan listrik untuk karyawan ritel dan ekosistemnya maka HIPPINDO menyambut baik upaya percepatan konversi ke kendaraan listrik.

Budihardjo Iduansjah, Ketua Umum HIPPINDO menambahkan, “Kami berharap di EXPO ini perusahaan, karyawan dan ekosistem ritel maupun BUMN, Pemerintah Pusat dan Daerah dapat hadir di acara EXPO, bisa memilih kendaraan listrik, mendapatkan diskon dan mendapatkan peluang bisnis serta berkolaborasi melalui Business Matching B2B2G dan B2C.”

Budi Setiyadi, Ketua Umum AISMOLI (Asosiasi Motor Listrik Indonesia) menyampaikan,”Kami optimis acara ini berjalan dengan sukses dengan target pengunjung 7.500 dan pembelian motor listrik sebanyak 200.000 selama 3 hari expo berlangsung.

Koko Haryono, Sekretaris Deputi Bidang Usaha Kecil Menengah Kementerian Koperasi dan UKM, menggarisbawahi, “Fokus kebijakan Indonesia saat ini adalah bertransformasi menjadi ekonomi berbasis teknologi, sebagai proyek strategis.

“Transformasi ini terkait erat dengan program ekonomi hijau, di mana upaya terus dilakukan mulai dari infrastruktur hingga pemberian insentif. Dalam konteks ini, pemerintah berencana membuat kendaraan listrik (EV) menjadi kendaraan wajib bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).”

Kementerian Koperasi dan UKM juga melihat sektor kendaraan listrik ini sebagai peluang besar bagi pengembangan bisnis dan kolaborasi di antara pelaku industri. Ditambah dengan adanya Hari Kendaraan Listrik Nasional semakin memperkuat komitmen untuk mendorong adopsi kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

Leonard Theosabrata, Direktur Utama LLP KUKM SMESCO, menyampaikan, “Saya telah lama memiliki passion di bidang ini, dan SMESCO Labo telah aktif melakukan penelitian dan pengembangan (R&D) untuk kendaraan listrik selama beberapa tahun. Bahkan, beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sudah mendapatkan pelatihan dari kami.”

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan RI dalam video tappingnya menyampaikan, “Mengapresiasi penyelenggaraan Inabuyer EV Expo 2023 dan diharapkan Expo ini dapat lebih mengedukasi masyarakat tentang manfaat dan keunggulan kendaraan ramah lingkungan.

Selain pencanangan Hari Sepeda Motor Listrik Nasional, di hari Kedua Inabuyer EV EXPO 2023, juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara LLP KUKM SMESCO dan AISMOLI. Kesepakatan tersebut berfokus pada pembentukan kerja sama pendampingan dalam pengembangan produk koperasi dan Usaha Kecil Menengah (The Future SME).***

Source: https://jakarta.suaramerdeka.com/otomotif/13411040886/hari-sepeda-motor-listrik-nasional-resmi-diperingati-setiap-tanggal-29-november?page=2

Bagikan berita ini:

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest