Ikuti Social Media Inabuyer

News
Pertamina Terima Inabuyer Award 2024, Bukti Dukung UMKM

Jakarta, CNN Indonesia — PT Pertamina (Persero) dinyatakan menduduki peringkat pertama dalam pemanfaatan Pasar Digital Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PaDi UMKM) kategori BUMN pada Inabuyer 2024 yang digelar Kementerian Koperasi dan UKM di Jakarta pada Jumat (17/5).


Inabuyer Award 2024 merupakan bagian rangkaian Inabuyer B2B2G Expo 2024, yang menjadi wadah kegiatan B2B2G terbesar di Indonesia. Penghargaan PaDi UMKM diserahkan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki kepada SVP Procurement Pertamina, Hery Murahmanta.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menyampaikan terima kasih kepada seluruh bagian Pertamina Grup yang memanfaatkan UMKM untuk memenuhi kebutuhan kantor. Penghargaan ini disebut sebagai bukti keseriusan Pertamina menjalankan amanah UU BUMN untuk menjadi motor penggerak industri nasional, serta memperkuat UMKM.

“UMKM merupakan tulang punggung ekonomi nasional yang berperan menyerap 95 persen tenaga kerja. Karena pentingnya posisi UMKM, Pertamina sebagai BUMN terus aktif memperkuat UMKM agar bisa terus maju dan naik kelas hingga tingkat global,” kata Nicke.

Dalam menjalankan komitmen yang sama kepada UMKM, Pertamina memaksimalkan penggunaan barang dan jasa dalam negeri, yang membuat pemanfaatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di seluruh lini bisnis Pertamina Grup mencapai Rp374 triliun per tahun.

Untuk itu, Pertamina mendapat penghargaan Penggunaan Produk Dalam Negeri Tahun 2024 untuk Kategori Badan Usaha Milik Negara dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada awal Maret lalu.

“Tahun 2023 Pertamina Grup menjadi BUMN dengan kontribusi TKDN terbesar yang menyumbang hingga 50 persen total TKDN BUMN,” kata Nicke.

Menurut Nicke, pelaksanaan pembinaan dan penguatan UMKM yang dijalankan Pertamina merupakan bagian dari pelaksanaan UU No 19 tahun 2003 tentang BUMN, yang menyatakan bahwa pendirian BUMN bertujuan memberikan sumbangan bagi perkembangan perekonomian nasional.

Sementara, Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menyampaikan bahwa penghargaan Inabuyer Award 2024 ini juga merupakan dukungan Pertamina bagi Indonesia dalam upaya berkontribusi terhadap nilai-nilai nasionalisme, yakni melalui pemberdayaan produk UMKM dan optimalisasi penggunaan industri dalam negeri.

Pada rentang tahun 2023 hingga April 2024, Pertamina mencatatkan realisasi transaksi pemanfaatan PaDi UMKM mencapai Rp13,1 triliun.

“Penghargaan ini sekaligus kado untuk Indonesia dalam memaknai Hari Kebangkitan Nasional. Komitmen Pertamina bukan hanya untuk mencapai target profit, tetapi kita ingin menambah terus pelaku-pelaku industri dalam negeri dan mendorong pelaku UMKM yang berkelas dunia,” kata Fadjar.

Source: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240518140857-625-1099290/pertamina-terima-inabuyer-award-2024-bukti-dukung-umkm

Bagikan berita ini:

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest